Apa yang di maksud dengan Uji Tuntas Uni Eropa (EUDDR), Apa hubungannya dengan Petani Sawit ???

Aktivitas Panen Petani Sawit Swadaya

SAMADE, Pekanbaru- Uji tuntas Uni Eropa adalah Aturan tentang penyediaan di pasar Uni Eropa serta ekspor dari Uni Eropa untuk komoditas dan produk tertentu (kelapa sawit, kayu, kopi dan kakao) terkait deforestasi dan degradasi hutan.

Apa hubungannya dengan petani sawit swadaya?,  Karena kita melihat dari enam komoditi yang diatur, empat di antaranya (kelapa sawit, kayu, kopi dan kakao) merupakan komoditi yang dieskpor oleh para petani Indonesia ke Uni Eropa.

Dalam uji tuntas Uni Eropa ini nantinya akan keluar regulasi/ aturan-aturan yang mana terkhusus petani sawit swadaya yaitu tanah petani harus sertifikasi yang jelas, bibit harus sertifikasi, petani harus berkelompok. Kelompok-kelompok tani itu harus dibina oleh pemerintah, KUD misalnya, ada batasan luasan kebun petani sawit sawadaya, dll. Regulasi uji tuntas Uni Eropa ini hingga sampai saat ini masih terus di bahas hingga sampai saat ini.

produk - produk turunan kelapa sawit

Regulasi uji tuntas berpotensi memberikan dampak negatif kepada petani kecil buntut isu berkelanjutan. Tantangan keberlanjutan petani kecil, karena beberapa hal seperti petani minim berkelompok, lahan tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, dan minim good agriculture practices atau belum sesuai standar lingkungan. Juga, perlu dukungan terhadap peningkatan kapasitas petani dan keuangan.

Petani mandiri maupun plasma sudah ada yang memperoleh sertifikat RSPO. Untuk petani yang bersertifikat RSPO, katanya, data per Juni 2022, petani mandiri 24.778 dengan 74.351 hektar dan produksi buah sawit 1.430.540 ton. Kemudian, plasma 135.071 petani luas lahan 332.407 hektar atau produksi buah sawit 6.863. 241 ton.

RSPO, katanya, juga memberikan dukungan pembiayaan untuk sertifikasi pada petani melalui RSPO Smallholder Support Fund (RSSF). RSSF ini, merupakan inisiatif pendampingan kepada petani dalam mendapatkan sertifikasi RSPO. Terutama, terkait biaya yang mungkin keluar ketika mereka mengurus berbagai keperluan sertifikasi itu.

Untuk keanggota RSPO secara umum, sudah ada 5.312 anggota di dunia dan baru 19% volume sawit dunia bersertifikat RSPO atau sekitar 4,6 juta hektar.

Semoga uji tuntas Uni Eropa ini memberikan dampak positif dan adanya solusi terhadap petani sawit swadaya.

Leave a Comment