Ayo Kita Tiru Sikap Tegas SAMADE Jambi

Teks Foto: Disbun dan SAMADE Jambi melakukan pertemuan pada Kamis (5/5/2022) malam membahas tentang merosotnya harga pembelian tandan buah segar (TBS) produksi petani sawit swadaya di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS). (Sumber Foto: Dokumentasi SAMADE Jambi)

SAMADE – H. Suroso selaku Ketua DPW Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) Provinsi seperti sudah punya firasat kalau pabrik kelapa sawit (PKS) tidak akan tunduk begitu saja pada pemerintah.

Firasat itu muncul sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pencabutan peraturan larangan ekspor beragam produk turunan minyak sawit, Kamis (19/5/2022).

Firasat itu lalu ia kelola sedemikian rupa sehingga menjadi ide yang tegas patut ditiru oleh SAMADE di cabang provinsi lain.

Nah, ide itu sempat ia lontarkan saat melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Jambi, Agus Rizal.

“Waktu pertemuan dengan Pak Kadisbun, Kamis Kamis (5/5/2022) malam, sekitar pukul 20.00 sampai 22.00 WIB, saya sampaikan ide saya tentang perlunya pembentukan Tim Satuan Tugas atau Task Force yang khusus memantau harga TBS,” kata Suroso, Rabu (25/5/2022) malam.

Saat itu ia melihat Kadisbun Jambi setuju dengan ide pembentukan Tim Satgas, walau tidak ada tindaklanjutnya hingga saat ini. Karena itu, Suroso pun bertekad untuk menyampaikan ide itu kembali.

Kata dia, ide itu jika terwujud, akan melibatkan banyak asosiasi atau organisasi petani sawit. Tujuannya adalah agar ada pemantauan bersama terhadap praktek pembelian TBS yang sesuai dengan ketetapan Disbun Jambi.

“Sambil kita cari waktu untuk ketemu dengan Kadisbun, kita juga bakal mendata seluruh SDM yang dimiliki SAMADE agar kita tahu siapa dari SAMADE yang kelak bisa menjadi anggota Tim Satgas ini nantinya,” tegas Suroso.

Suroso yakin ide ini bisa diterapkan di provinsi lain yang menjadi sentra perkebunan kelapa sawit. Kata dia, PKS-PKS memang harus diawasi secara ketat secara bersama oleh pemerintah dan petani sawit.

“Semoga ide pembentukan Tim Satgas ini bisa diakomodir oleh Pemprov Jambi, dan semoga juga asosiasi dan organisasi petani sawit lainnya turut mendukung dan terlibat aktif bersama SAMADE di Tim Satgas ini,” tegas Suroso.

Leave a Comment