Di Bulan Ramadhan, Inisiator SAMADE Babel Bagi Satu Ton Beras

Bagikan:
Teks Foto: Keteladanan dalam bersikap baik, termasuk berdeema, bisa datang dari siapa saja, tua atau muda. Hal inilah yang ditunjukan oleh insiator sekaligus calon Ketua DPW SAMADE Provinsi Babel, Indra Sanjaya, yang membagikan satu ton beras secara cuma-cuma kepada para warga miskin di Desa Bedengung, Kecamatan Payung,Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada hari Jumat (23/4/2021) lalu. (sumber foto: dokumentasi pribadi Indra Sanjaya)

SAMADE – Sungguh mulia jiwa dan kepribadian inisiator sekaligus calon Ketua DPW Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Indra Sanjaya.

Walau masih berusia muda dan masih lajang, Indra Sanjaya dengan ikhlas membagikan satu ton beras kepada para warga tak mapu di sekitar tempat tinggalnya. Pembagian itu dilakukannya pada hari Jumat (23/4/2021).

“Bulan Ramadhan ini kan bulan penuh berkah. Tak salah kalau saya berbagi. Apalagi sebagai petani sawit milenial, saya sudah merakan nikmat dari harga TBS (tandan buah segar) yang terus membaik beberapa bulan terakhir ini,” kata Indra Sanjaya saat bercerita kepada samade.or.id, Senin (26/4/2021).

Indra Sanjaya merinci, satu ton beras yang dibagi itu terdiri dari sekitar 200 karung dengan berat lima kilogram. Seluruh beras itu dibagikan kepada warga Desa Bedengung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan.

Ia merasa semakin bersyukur tatkala sejumlah warga pun turut ikhlas membantu dirinya dalam proses pembagian beras tersebut.

“Saya dibantu beberapa pihak, mulai dari Linmas (Perlindungan Masyarakat) dari pihak perangkat desa, yakni Pak Sobbil, lalu Ketua Ikatan Reemaja Mesjid (Irmas) Ridduan SPd, dan seorang anggota Irmas bernama Khoiri. Juga ada tim anggota penangkaran bibit milik saya yang ikut dalam pembagian beras itu,” ujar Indra Sanjaya.

Petani muda ini mengaku memiliki usaha penangkaran bibit sawit berkualitas dari ASD-Bakrie sejak beberapa tahun terakhir.

Saat ditanya mengapa melibatkan Linmas dan Irmas, Indra Sanjaya mengatakan yang paling paham siapa saja warga miskin di Desa Bedengung, Kecamatan Payung, adalah pihak Linmas dibantu oleh para remaja mesjid.

“Tentu saja bersyukur dengan kemurahan hati mereka mau membantu saya membagikan beras bagi warga yang tak mampu. Tanpa bantuan mereka mungkin saya butuh waktu yang lama untuk mencaritahu siapa saja warga miskin yang ada di desa tempat saya tinggal,” kata Indra Sanjaya.

Tak lupa ia juga berharap harga TBS tetap berada dalam kondisi yang bagus sehingga para petani sawit seperti dirinya bisa semakin bersemangat untuk berbagi.

“Ini juga sebagai upaya saya mengenalkan nama besar Asosiasi SAMADE sebagai organisasinya para petani sawit swadaya di kalangan masyarakat di Provinsi Babel. Pak Tolen Ketaren selaku Ketua Umum DPP Asosiasi SAMADE pun turut menyemangati saya,” tegas Indra Sanjaya.

Bertita Terkait

Leave a Comment